Bengkel Las · Home Design · Mesin Perontok Padi ·

Kesuksesan Valentino Rossi MOTO GP

Advertisement
Kesuksesan Valentino Rossi MOTO GP : Pembalap dunia Valentino Rossi mempunyai masa lalu yang sangat indah bersama orangtuanya. Valentino Rossi sangat bangga pada ayahnya Graziano Rossi. Pembalap kelas dunia itu bahkan amat bersyukur telah mendapatkan banyak pembelajaran dari sang ayah.

"Saya beruntung memiliki ayah yang berpacu dengan sepeda motor. Dia memberi saya gairah sejak awal. Dan saya punya sepeda motor pertama saat saya berumur tiga - empat tahun," ungkap Rossi yang menjuluki dirinya sendiri sebagai The Doctor saat mengenang masa lalunya. Darah pembalap Rossi mengalir dari sang ayah Graziano Rossi yang juga pembalap motor kelas 125 cc di era 1970-an. Sejak mencintai dunia balap motor, motivasi dan dukungan penuh terus mengalir dari orangtuanya yang sangat dicintai dan dikaguminya. Spirit itu hadir hingga kini.





Motivasi Kuat Jadi Dasar Rossi ke Pentas Dunia

Berkat dukungan dan motivasi yang diberikan sang ayah, Rossi akhirnya tumbuh sebagai pembalap nomor wahid di dunia. Meski awalnya memilih untuk balapan gokart, Rossi akhirnya kini menjelma sebagai pembalap terbesar sepanjang sejarah.

Kegemilangan Rossi diawali pada tahun 1997. Kala itu Rossi remaja berhasil menjuarai grandprix kelas 125 cc bersama tim Nastro Azzurro Aprilia. Setelah itu prestasi seakan setia mengiringi pria yang lahir di kawasan Tavullia, Italia.

Pada tahun 1999 Rossi membawa tim Aprilia Grand Prix Racing menyabet juara dunia GP 250 cc. Dua tahun setelahnya Rossi kembali menobatkan dirinya sebagai yang terdepan di arena balap. Kali ini, ia bersama tim Nastro Azzurro Honda juara di kelas 500 cc.

Tahun 2002 sampai 2005, arena balap seakan jadi milik Rossi pribadi. Pembalap yang dikenal humoris itu mampu menjadi juara empat musim berturut-turut. Pada masa itu, Rossi dua kali meraih predikat juara dengan tim Repsol Honda (2002 dan 2003) serta Yamaha (2004 dan 2005).

"Mengendarai sepeda motor bagaikan seni, karena apa yang Anda lakukan pasti Anda merasakan sesuatu di dalamnya. Saya berlomba untuk menang. Akan sama saja, jika saya mengendarai motor ataupun mobil," tuturnya.

Menjajal Tantangan Baru

Tetapi, prestasi sang jawara terhenti sejenak di tahun 2006. Di bulan pertama, Rossi coba menjajal balapan lain. Ia memberanikan diri untuk turun ke arena balap Formula 1. Meski belum ikut balapan secara resmi, Rossi sudah mendapat kesempatan untuk mengendarai mobil Ferrari yang saat itu masih diperkuat Michael Schumacher dan Felipe Massa.

Fakta itu langsung menjadi perbincangan di dunia otomotif. Rossi disebut-sebut bakal pindah haluan ke ajang F1 dan mewujudkan mimpi masa kecilnya yang masih tertunda. Namun Rossi menyanggah spekulasi tersebut. Dengan tegas, ia menyatakan bakal tetap berada di kompetisi MotoGP.

"Bagaimana Ferrari tahu apa yang akan saya lakukan tahun depan jika saya belum tahu apa yang akan saya lakukan di minggu depan? Ini adalah masalah besar dan saya tidak tahu pasti apakah bisa mengatakan ya atau tidak ke Ferrari. Saya masih memiliki kontrak dengan Yamaha sampai tahun 2008. Ketika itu selesai, kita semua akan melihat apa yang bakal terjadi. Yang saya yakini, saya hanya bisa berada di sana pada usia 31 sampai 32. Setelah itu saya ingin mencari tantangan baru," ungkapnya.

Kondisi Rossi yang saat itu sedikit terpengaruh dengan godaan sirkuit F1 sepertinya jadi batu sandungan dalam kariernya di ajang MotoGP. Di tahun 2006, Rossi gagal mempertahankan gelar juara. Begitupun yang terjadi di tahun berikutnya. Ia kembali kalah dalam perebutan gelar juara dunia.

Tapi bukan Rossi namanya kalau ia sampai menyerah dari keadaan. Pembalap kurus ini sukses merebut kembali gelar juara yang hilang dua tahun sebelumnya. Dalam dua musim berturut-turut, The Doctor juara MotoGP 2008 dan 2009.

Pasang Surut Prestasi Sang Jawara

Namun setelah itu karier Rossi seakan menurun. Ia kalah bersaing dari Jorge Lorenzo, pembalap muda yang direkrut Yamaha di awal tahun. Karena kemundurannya tersebut, Rossi memilih untuk mencari petualangan baru bersama tim asal negerinya sendiri, Ducati Corse.

"Saya telah memenangkan gelar juara bersama Honda dan Yamaha. Jadi mungkin menarik untuk bisa menang dengan tim ketiga, Ducati, yang berasal dari Italia," ucapnya.

Namun harapan hanyalah harapan. Mimpi tak jua tercapai. Selama dua tahun menunggangi Ducati, Rossi malah semakin anjlok dan tergeser oleh pembalap-pembalap muda lainnya.

Tahun 2011, bagaikan mimpi buruk yang jadi kenyataan buat Rossi. Di klasemen akhir, ia tercecer hingga ke peringkat ketujuh. Hal yang tak jauh berbeda dirasakannya di tahun 2012. Pada klasemen akhir, mantan juara gokart tingkat regional itu hanya mampu menempati peringkat ke-6.

Rossi: Hubungan dengan Motor Seperti Relasi dengan Wanita

Awal tahun ini, Rossi kembali dipekerjakan Yamaha. Harapan tinggi pun ada di pundak pembalap berusia 34 tahun ini. Walaupun belum menampatkan diri di puncak klasemen, Rossi setidaknya bisa memperbaiki posisi dari yang didapatnya dua tahun lalu.

Untuk sementara, Rossi berada di urutan keempat. Dari 14 kali balapan yang telah dijalani, Rossi sudah bisa mengantungi raihan 169 poin. Di empat balapan tersisa, Rossi bisa saja membuat kejutan yang tidak terduga. Namun sepertinya ia ingin realistis. Rossi merasa tahu kemampuan motornya dan ia tak mau memaksakan untuk memacu tunggangannya lebih dari batasan.

"Pertarungan besar dengan rival terkuat Anda akan selalu jadi motivasi yang juga besar. Ketika Anda menang mudah, tentu rasanya tidak akan sama. Namun yang paling penting adalah memiliki hubungan yang baik dengan motor sendiri. Anda harus memahami apa yang diinginkannya. Saya pikir motor seperti seorang wanita. Memang terdengar konyol, tapi bagi saya itu benar," pungkasnya. 


Valentino Rossi

Nama Lengkap : Valentino Rossi
Profesi : -
Tempat Lahir : Urbino, Italia
Tanggal Lahir : Jumat, 16 Februari 1979
Zodiac : Aquarius
Hobby : Sepakbola

Warga Negara : Italia

Biografi Valentino Rossi Di MOTO GP 

Valentino Rossi adalah seorang pembalap di kejuaraan grand prix motor dunia tersukses setelah era Michael Doohan. Ayah dari Valentino Rossi, Graziano Rossi, adalah seorang mantan pembalap GP 250cc yang pernah menjadi juara III pada Kejuaraan Dunia Balap Motor di Sirkuit Morbidelli. Bakat sang ayah rupanya cukup memiliki andil besar karena Rossi telah berhasil mengantongi gelar juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.  

Pria yang dijuluki sebagai Rossifumi, Valentinik dan The Doctor ini menyukai balap sejak kecil. Rossi mengenal dunia balap dengan mengikuti perlombaan gokart di kotanya ketika dia masih berusia 6 tahun (1985). Empat tahun kemudian, ia mengawali debutnya di lomba balap karting 60cc. Tahun berikutnya Rossi telah menjadi juara karting regional 60cc dengan memenangi sembilan seri balapan. 

Setelah menjadi juara di karting regional kelas 60 cc ini, Rossi mulai menapaki kejuaraan balap yang lebih tinggi lagi kelasnya dan mulai mengukir prestasi. Semenjak itu, karier Rossi terus meroket bersamaan dengan perpindahannya ke beberapa tim, seperti Honda, Yamaha dan kini Ducati. 

Rossi dikenal memiliki kebiasaan khusus sebelum ia bertanding. Ia selalu menyaksikan seri balap 125cc dan melihat detik-detik lampu start yang berubah warna. Kemudian ia akan berhenti sekitar dua meter dari motornya, membungkuk dan menggapai sepatu bootsnya. Belum selesai sampai di sini, ketika Rossi lalu menghampiri motornya, jongkok dan menunduk, setelah itu memegang footpegnya selama beberapa menit. 

Ketika Rossi berhasil dalam balapan, ia juga selalu mengadakan pesta kemenangan yang menjadi salah satu ciri khasnya. Ia tidak hanya berpesta dengan teman-temannya, akan tetapi juga dengan penggemarnya. Rossi bahkan pernah memboncengkan fansnya yang berkostum ayam berkeliling sirkuit, memboncengkan fans yang berpakaian dokter, ia juga pernah membonceng angka satu raksasa sebagai simbol juara dunia, selain itu aksi wheelie dan burnoutnya yang sudah tak terhitung setiap memperoleh kemenangan. Rossi juga sering melemparkan topinya ke bangku penonton. 

Rossi juga menikmati sepak bola, terutama tim Inter Milan, dimana ia hampir tak pernah absen untuk menonton langsung pertandingannya. 


Pembalap asal Italia ini memiliki anjing peliharaan yang bernama Guido, bulldog Inggris yang dimilikinya sejak tahun 2000. Akan tetapi, Guido yang gambarnya telah menjadi maskot pada jok motor dan helm Rossi, meninggal setelah GP Australia 2008. Kini Rossi memiliki dua anjing baru yang bernama Cesare dan Cecilia.



Artikel keren lainnya:

18 Tanggapan untuk "Kesuksesan Valentino Rossi MOTO GP "

  1. Aside from the material advantages, inexpensive employ vehicles also allow you to journey in style.
    Carbon monoxide poisoning is no fun and can be deadly.
    At the same time, you want to look at your car maintenance log.


    Feel free to visit my webpage :: auto warranty ()

    ReplyDelete
  2. The developing quantity of mobile applications has embarked a new journey
    of mobile games in the future.

    Also visit my web blog; Pixel People free hack

    ReplyDelete
  3. Terrific post however , I was wanting to know if you could write a litte more on this subject?

    I'd be very grateful if you could elaborate a little bit more.

    Thanks!

    Here is my blog post - remodeling company ()

    ReplyDelete
  4. Its like you learn my mind! You seem to grasp a lot about this,
    such as you wrote the guide in it or something. I believe that you simply could do with
    some percent to power the message home a bit, but
    instead of that, that is wonderful blog. An excellent read.

    I'll definitely be back.

    Here is my page Laminate Flooring Oceanside California

    ReplyDelete
  5. Nice post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Very helpful information particularly the last part :)
    I care for such information a lot. I was seeking this certain info for a very long time.
    Thank you and best of luck.

    Also visit my weblog :: fix it utilities

    ReplyDelete
  6. We're a group of volunteers and opening a brand new scheme in our community.
    Your site offered us with helpful information to work on. You have performed an impressive process and
    our entire group can be thankful to you.

    Also visit my web page; dafabet thailand

    ReplyDelete
  7. whoah this blog is magnificent i love reading your articles.
    Stay up the good work! You recognize, many
    individuals are hunting around for this information, you could help them greatly.


    Also visit my web blog :: m88 vietnam

    ReplyDelete
  8. Briney Spears before and after surgery. And finally,
    the procedures and consequences. Nowadays, however, new techniques and methods.
    Secure the lid firmly on top of th m feeling
    on top of the surgery in case it ruins the
    result can breast implant removal be surgically corrected.
    Products are clinically proven effective by doctors as the loss of breast augmentation, which
    includes natural breast tissue forward to, and incisions
    made either under or over.

    Feel free to surf to my page: web site

    ReplyDelete
  9. Thank you for sharing youyr info. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your next write ups thanks once again.

    My blog; Ultimate Demon [quizilla.teennick.com]

    ReplyDelete
  10. Greetings from Florida! I'm bored at work so I decided
    to check out your blog on my iphone during lunch break.

    I really like the knowledge you provide here and can't wait to take a look when I get home.
    I'm shocked at how fast your blog loaded on my cell phone ..
    I'm not even using WIFI, juust 3G .. Anyways, superb blog!



    my web-site ... Kim Kardashian Hollywood Hack

    ReplyDelete
  11. This is a topic which is near to my heart... Best wishes!
    Exactly where are your contact details though?

    Look at my web page; boom beach hack

    ReplyDelete
  12. Hey! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to look it over.
    I'm definitely enjoying the information. I'm bookmarking and will be
    tweeting this to my followers! Terrific blog and great design.

    Here is my web site; Clash of Clans Free Gems []

    ReplyDelete
  13. Its such as you read my mind! You seem to know so much approximately this,
    such as you wrote the e book in it or something. I believe that you simply could do with a few % to force the message house a
    little bit, however other than that, this is great blog.

    A great read. I will certainly be back.

    Here is my web site :: รับออกแบบบ้าน

    ReplyDelete
  14. I am regular visitor, how are you everybody? This post posted at this site is truly good.


    Take a look at my site Almadinah CIC

    ReplyDelete
  15. Valentino Rossi, Pembalap idaman saya itu pak

    Kunjungi balik blog saya pak

    Jual Mesin Fotocopy

    ReplyDelete
  16. Your post is very helpful and information is reliable. I am satisfied with your post. Thank you so much for sharing this wonderful post. Visit:- advisor for you office.com/setup | office.com/setup | | Norton.com/setup | office.com/setup | log in Telstra Webmail Account

    ReplyDelete